Sabtu, 26 Mei 2012

CONTOH PTK PKN


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL 
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN 
SISWA KELAS .......... SDN ................ 
TAHUN PELAJARAN ............

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Sebagian besar diantara kita tidak menyadari bahwa kegiatan belajar kita semakin mengalami kemunduran. Belajar semakin hari semakin menjadi kegiatan yang membosankan, statis dan stressful. Di sekolah situasinya juga tidak jauh berbeda, anak-anak kuyu, mengantuk, bosan, malas dan tidak termotivasi sementara guru tak jarang pula mengabaikan dirinya sendiri. Di sisi lain guru mengajar dengan materi yang sama dari tahun ke tahun, ataupun catatan yang sama, banyak materi hafalan, gaya mengajar tidak berubah, standard, formal dan kaku. Indonesiapun sekarang kalah dengan Malaysia padahal mereka dahulu justru belajar ke negeri ini bahkan Indonesia menjadi negara paling korup di Asia.
Kurikulum 2004 mengemukakan bahwa kegiatan pembelajaran PKn lebih diarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang mendorong siswa belajar aktif dan secara fisik, sosial maupun psikis dalam memahami konsep. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran PKn hendaknya guru menggunakan model yang membuat siswa banyak beraktifitas. Dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan, diharapkan dapat menimbulkan rasa senang dan antusias siswa dalam belajar. Dengan demikian, pemahaman konsep PKn semakin lebih bauk dan hasil belajarnya pun makin meningkat.

B.   Rumusan Masalah
Atas dasar paparan di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas ........ SDN ................................................................. Tahun Pelajaran .............

C.  Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang ada, penulisan ini bertujuan untuk:
1.       Mengetahui seberapa jauh peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PKn di kelas ........ SDN ................................................................. Tahun Pelajaran .............
2.       Mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran PKn di kelas ........ SDN ................................................................. Tahun Pelajaran .............


 D.  Manfaat Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini memberi manfaat bagi sekolah, guru, dan murid yang menjadi obyek penelitian khsusunya dan bagi calon siswa kelas ........ umumnya.
1.   Bagi sekolah, sebagai penentu kebijakan dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran PKn.
2.   Bagi guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran yang ada menfaatnya bagi siswa.
3.   Bagi siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar agar siswa senang terhadap mata pelajaran PKn dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

E.   Ruang Lingkup dan Pembatasan
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat dipandang perlu adanya ruang lingkup dan pembatasan penelitian.
Adapun ruang lingkup dan pembatasan masalah yang dimaksud adalah :
1.   Penelitian ini hanya dilaksanakan pada kelas ........ SDN ................................................................. Tahun Pelajaran .............
2.   Penelitian ini penulis laksanakan pada bulan ……….. semester genap tahun pelajaran .............
3.   Materi pelajaran yang penulis adakan penelitian adalah PKn, pokok bahasan ......................

SELENGKAPNYA, SILAHKAN UNDUH DI SINI

2 komentar:

MEKANISME SISTEM KOMPUTER

A.    Komponen Sistem Komputer Layaknya internet, komputer adalah benda wajib yang harus dimiliki di era digital seperti sekarang. Banyak ...